Pawai Taa'ruf Pacalbalung Sidoagung - Meriahnya Bikin Ngakak

Banner pawai. Dokpri
Halo semua warga Pacalbalung khususipun lan warga Sidoagung umumimpun dimanapun kalian berada. Apakabar Vroooooooooooohhh............ hehhehe, moga baik baik saja, oiya jangan lupa bahagia karena hidup hanya sementara ya, okay.....

Apakabar juga nih buat yang ada di perantauan sana, baik yang di dalam negeri atau di luar negeri, baik yang sedang bekerja atau menempuh pendidikan, saya doakan semoga apa yang menjadi impian dan cita cita kalian cepat terwujud, tentunya dengan lantaran doa dan usaha dong! Sukseslah karena yang menolakmu butuh sebuah penyesalan wkwkwkwk.

Dan pastinya, kalian yang jadi Bang Toyib dan Bu Toyib kangen kan dengan kabar Carbalung Sidoagung hari ini kayak apa, iya kan iya kan hehehe ((((((lebayyyy))))))

Jadi nih ya, tepat pada tanggal 15 April 2018 kemaren, di Dusun Pacalbalung Desa Sidoagung tercinta ini mengadakan pawai ta'aruf dalam rangkan Khotmil Qur'an atau kataman santriwan santriwati TPQ Masjid Miftahussu'ada. 

Jumlan santri yang khatam Al Qur'an ada 13 anak, 9 perempuan dan 4 laki laki dengan santri termuda yaitu Salisa anak kelas 4 SD, dan santri tertua yaitu Rohmat kelas 2 SMK. Duh masih kecil udah pinter ngaji gitu, kita yang udah tua tapi males ngaji (bagi yang muslim nih ya), malu dong seharusnya. 


Sebelum acara pawai, sebelumnya di Masjid kita ini juga mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Jadi acaranya begitu padat, hari sabtu rajaban dan hari minggu pawe. Dan para santri santri pun begitu sibuk dengan berbagai macam persiapan. Dan tanpa berbelit belit, inilah acara pawai ta'aruf ke IV ini. 

Seorang mayoret sedang ber-atraksi. Dokpri
Dalam acara pawai ini, ada banyak kategori yang di lombakan dari masing masing RT dari RT 1 sampai RT 5. Seperti perdagangan, pertanian, profesi, dan lain sebagainya. 

Untuk para santri khataman itu tersendiri, mereka naik becak hias. Sedangkan para peserta, mereka berjalan kaki. Kalo dari RT saya yaitu RT 5, kategori yang di lombakan yaitu perdagangan untuk para Ibu Ibu yang di ketuai Ibu Marinah. Sedangkan para Bapak bapak mendapat kategori profesi. Ibu Marinah itu paling kecehhh badai pokonya hehehehe. 

Untuk Bapak bapak, Bapak Hadi jadi tokoh Salman Raja Arab, sementara Mas Imam jadi Anaknya, etapi saya gak paham banget sih karakter mereka, yang mana Raja Salman yang mana Anaknya. Karakter yang paling mengundang tawa yaitu Mas Tono dengan berdandan jadi Wonderwomen dan Mas Nova jadi Alien tapi giginya keluar semua. Kayaknya abis lepas behel sama tukang gigi abal abal trus jadi gitu deh jadinya wkwkwkw

Raja Salman KW dan Raja Arab KW. Dokpri
Karakter wonderwomen yang siap menyelematkan dunia. Dokpri
Yang tak kalah rame juga para pemudanya. Seperti Mas Ade ontohnya dengan berdandan jadi pocong. Tapi bikin replika pocongnya juga dan katanya di kasih minyak Duyung. Musik angklung juga jadi penyemarak acara pawai. Apalagi karena ada tim jogednya, kayak Rafli, Wawan, Anton, Oji, dan kawan kawanya. Sementara Mas Fajar jadi Mbah Dukunya. Wah seru banget pokonya. 

Ada juga ogoh ogoh (buta buta,an) yang di pikul oleh Andi, Nurul, Ojak dan kawan kawan. Selain itu ada ebleg lengkap dengan barong baronganya. Ada 2 barong barongan, yang kecil sama besar. Ah pokonya ramai dan seruuuuu banget. Oiya, di Dusun Pacalbalung, dari Mulai Masjid Miftahussu'ada sampai warunge Kuswiyah sudah di cor kanan kiri, jadi gak becek saat hujan. Tapi kalo di RT 5 belum, jalan masih becek off road gitu, soalnya dana belum tekumpul juga untuk membangun jalan. Bagi yang mau menyumbang silahkan banget, hubungi Mas Imam, Insya Alloh jadi amal jariyah (pahala berkelanjutan), amin.


Oke lanjut. Di hari minggu itu, semua warga larut dalam acara yang gak mesti setahun di adakan ini. Semua warga hanyut dalam kegembiraan, beban hidup hilang sejenak dalam acara tersebut. Kampung pun sepi sejenak. Untuk rute yang di lalui dari Masjid ngidul terus sampe warunge Kuswiyah, kemudian belok kanan sampe turunane Yusri, ngidul terus, ngulon sampe warunge Pak Paimin, ngalor sampe Kuburan Dawa, ngulon lewat rumahnya Ibu Sum (Suminah), ngalor sampe Curug kemudian balik lagi ke Masjid Miftahussu'ada. Berangkat jam 9 dan sampai jam 11, walaupun jalan kaki tapi gak capek karena larut dalam kegembiraan. 

Di akhir acara, ada doorprize yang di nanti nanti, baik itu untuk kategori peserta biasa atau atau peserta tim. Yang dimaksud peserta biasa yaitu anak anak dan semua peserta dengan hadiah kecil kecilan. Cara mengundinya yaitu dengan nomor doorprize  yang di kasih oleh panitia. 

Sementara untuk peserta tim yaitu karena ada juri yang bertugas dan menilai perlombaan dari setiap RT, patokanya yaitu dari kekompakan, kekreatifitasan, dan lain sebagianya. Dan untuk lebih jelas seperti apa video pawai ini, bisa lihat foto foto di bawah ini, 

Tokoh kartun angrybird. Dokpri
Anak anak SD generasi jaman now alias generasi milennial KW. Dokpri
Karakter Biduan atau penyanyi. Dokpri
Jaka sembung atau siapa yah ? Dokpri
Aksi barong barongan. Dokpri
Tonton juga video amatiran yang saya buat ini, dijaman bikin ngakak deh hahahahha.......


Oiya nih, follow juga Instagram saya di @amirsilangit ya biar blog ini makin update sebagai media informasi berita Pacalbalung. Terimakasih Vrooooohhhhh....:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pawai Taa'ruf Pacalbalung Sidoagung - Meriahnya Bikin Ngakak"

Posting Komentar