Pacalbalung Yang Baru – Dalane Wis di Cor

Penampakan jalan Carbalung RT 5 yang sudah di cor depan rumah Pak Jimun . Dokpri

Nuwunsewu sedulur Carbalung Sidoagung. Salam sejahtera dan salam sehat selalu. Sudah lama sekali saya gak update blog ini di karenakan banyak hal yang harus di kerjakan, sehingga baru kali ini bisa update kembali. 

Ada kabar gembira buat warga Dusun Pacalbalung (RT 5). Yaitu karena jalan utama kita sudah di lakukan pengerasan jalan, aliasnya sudah di cor. Untuk cor aspal mungkin 2050 kali yah, berdoa saja semoga keajaiban terjadi dan Carbalung memiliki jalan aspal sampai ke Kembang Abang seperti jalan kelok 9 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat. 

Eh tapi mungkin gak ? embuh luh ^_^

Jadi nih ya, impian jalan Carbalung di cor itu sudah sejak lama, namun baru kali ini terlaksana di karenakan banyak hal, terutama faktor dana. Sekarang keluhan ngumbaih motor bae pas lagi udan sudah bisa di minimalisir. 

Para warga sedang kerja bakti. Dokpri
Menurutku, dan pastinya menurut kita semua, YA MEMANG HARUS BEGITU, karena yang kita butuhkan adalah kemudahan hidup, salah satunya melalui akses (infrastruktur transportasi) dalam hal ini jalan. 

Lalu lintas yang lancar pastinya akan berimbas ke perkembangan ekonomi masyarakat sekitar walaupun hanya sedikit. Mau berangkat kerja jadi cepet, arep adol katu nang Pasar Karangnyar juga dadi cepet, mau berangkat ke sawah pun cepet karena jalan mudah di lalui dan gak ada lagi yang namanya becek apalagi off road. 

Para warga sedang kerja bakti (2). Dokpri

Bayangkan coba, misal mau berangkat kerja pas udan udan, nang ndalan keplarak gara gara dalane lunyu, kan kasian ^_^. Makanya, akses itu sangat penting, dimanapun itu berada. Saya tekankan sekali lagi, akses itu penting agar menjalani hidup jadi lebih mudah. 

Kembali lagi ke topic. Terwujudnya pembangunan jalan ini semua berkat kerjasama warga yang saling bahu membahu hingga sejumlah dana terkumpul dan akhirnya di bangunlah jalan sepanjang kurang lebih 250 meter dari depan rumah Pak Madriyo sampe jembatan watu telu (batas RT 5). Namun hingga tulisan ini di turunkan baru sampe sebelah barat Rumah Pak Salman.  Oiya, untuk jalan di titik ini, di belokan ke arah barat (mepet kali) karena sebelah timurnya akan di bangun rumah. 

Jalan sebelah barat rumah Pak Salman yang di belokan mendekati kali karena akan di bangun rumah. Dokpri
Dana yang digunakan merupakan berasal swadaya masyarakat, aspirasi DPR Kebumen, dana iuran rutinan warga (sehari 500 rupiah), bantuan perorangan, sukarelawan, dermawan, dan lain sebagainya. 

Untuk kebutuhan materialnya, menurut salah seorang warga, material pasir menghabiskan 9.5 rit, batu split 4 rit, dan semen kurang lebih 220 sak. 

Material bangunan. Dokpri

Sementara jalan baru di buat 2 jalur yaitu kanan kiri. Mungkin, mungkin jika suatu saat ada dana lebih, jalan bisa di cor rapat dengan menambahkan adukan cor di bagian tengahnya biar lebih mudah di lalui.

Atau mungkin akan di gunakan untuk membangun jalan kulon kali yang masih berupa jalan tanah. Karena Carbalung ada 3 jalur, yaitu jalur utama (wetan kali), kulon kali, trus jalur atas (Pak RT Muzani, Karsum). 

Nah, untuk kalian yang warga Sidoagung khususnya Pacarbalung di luar sana yang ingin ikut andil dan berpartisipasi dalam pembangunan desa kita tercinta ini, atau dengan kata lain ingin ikut beramal jariyah, bisa juga hubungi Mas Imam di nomor WA nya di 087732633506

Setelah pembangunan jalan RT 5 selesai, sisa jalan yang belum di bangun yaitu masih sebagian di wilayah RT 4 mulai dari utara Masjid Miftahussu’ada sampai batas jembatan watu telu. 

Maka dari itu, masih banyak membutuhkan biaya agar jalan utama bisa ke cor semua sepanjang jalan utama. Dan pastinya jika sudah sepenuhnya di cor, tidak ada lagi yang namanya becek karena jalan mudah di lalui. Terakhir, berikut foto foto semangat para warga saat kerja bakti



-------------------




-------------------


Maturnuwun dan trimakasih.
Kebumen, 12 Desember 2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pacalbalung Yang Baru – Dalane Wis di Cor"

Posting Komentar